Coretan Penghuni Jalanan

Eksploitasi & Pengabaian Psikologi

Berdasarkan data dari BPS, pada tahun 2002 jumlah anak terlantar usia 5 -18 tahun sebanyak 3.488.309 anak di 30 provinsi. Sedangkan balita yang telantar berjumlah 1.178.82, dan anak jalanan tercatat ada 94.674 anak. Anak nakal 193.155. Anak yang membutuhkan perlindungan khusus sekitar 6.686.936 anak, dan yang potensial telantar sebanyak 10.322.674 anak. Yang lebih mengkhawatirkan lagi, sekitar 36.500.000 anak Indonesia masih hidup di bawah garis kemiskinan. Sungguh pedih hati ini mengetahui hal tersebut.

Disadari atau tidak, ekploitasi anak semakin tahun semakin meningkat jumlahnya. Hal ini layak mendapat perhatian khusus dari kita semua. Tentunya dukungan pemerintah pun menjadi hal yang tidak bisa ditawar-tawar lagi.

Menurut Prof Sartono Mukaddis ada eksploitasi lain yang tidak kalah bahayanya, yaitu eksploitasi dan pengabaian secara psikologi. Eksploitasi dan pengabaian ini sebenarnya dapat dikategorikan sebagai tindakan kekerasan terhadap anak.

Hal yang paling membahayakan bagi anak yang mengalami eksploitasi–baik secara fisik maupun psikologi adalah hilangnya hak mereka untuk mengenal dunianya. Dunia anak – anak adalah dunia yang paling indah, karena masa anak-anak itu sangat penting untuk membangun karakteristik pribadi di masa depannya. Di dunia itu mereka dapat berimajinasi, berekspresi , bermain sambil belajar, sekaligus pengembangan dirinya.

This entry was published on April 14, 2012 at 12:15 am. It’s filed under Torehan Jalanan and tagged . Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: