Coretan Penghuni Jalanan

Street Children Rumania

Sebuah laporan dari Dewan Eropa tahun 2000 memperkirakan ada sekitar 2.000 anak jalanan di Bukarest Rumania saja. belum lagi tersebar di kota-kota kecil pinggiran Rumania  Prevalensi anak jalanan telah menjadi ekploitasi bisnis seks di Rumania, meskipun beragam upaya telah dilakukan pemerintah Rumania untuk mengurangi jumlah anak jalanan, namun toh kenyataanya hingga sampai saat ini jumlah anak jalanan di jalanan Rumania semakin bertambah setiap tahunnya.

Faktor-faktor yang menimbulkan pelanggaran hak anak di lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif ini lebih besar didasari atas faktor ekonomi (kemiskinan) dan faktor disharminisnya orang tua sehingga rentan menjadi korban dari faktor tersebut yang notabene adalah anak-anak yang belum dapat menolong dirinya sendiri.

Tingkat pertumbuhan dan perkembangan  anak jalanan tidak sehat karena tidak dirumah karena dan kurang mendapat perlindungan seperti akses belajar, kesehatan dan lain-lain. Hal ini akan memberikan dampak sosial dan kesehatan seperti rentan terhadap kriminalitas, resiko terhadap IMS termasuk HIV/AIDS karena munculnya perilaku

Dari beberapa penelitian terlihat bahwa sebagian besar anak jalanan telah pernah berhubungan seksual dan bahkan  aktif secara seksual yang tentunya mereka tidak memiliki pengetahuan yang cukup  tentang hal tesebut. Dan tingginya kasus-kasus kekerasan pada anak baik fisik maupun seksual.

Mengingat masalah anak jalanan tidak hanya masalah yang dihadapi oleh Negara Indonesia saja, dan Negara-negara lain telah melakukan upaya-upaya untuk penanggulangannya,  untuk itu perlu diketahui lebih jauh upaya apa saja yang dapat dilakukan baik penanggulangan terhadap dampak maupun jumlah anak jalanan.

Sungguh ironis melihat ketika anak-anak itu rela menghabiskan sebagian besar waktunya di jalanan.

ImageImageImageImageImageImageImageImageImageImageImageImageImageImageImageImageImageImageImageImageImageImageImageImageImageImageImageImageImage

  • Fakta menunjukkan lebih dari 2.000 anak di Bukarest terpaksa hidup di jalanan Ibu Kota, dan 5.000 anak diantaranya hidup menggelandang di kota-kota kecil pinggiran Rumania.
  • Rata-rata mereka bekerja 6 jam setiap harinya di jalan , namun umumnya anjal bekerja 12 jam sehari berdasarkan riset responden.
  • Di negara Rumania rata-rata 42% anak-anak jalanan mengalami pelecehan seksual antara usia 6  hingga 12 tahun.
This entry was published on April 20, 2012 at 6:02 am. It’s filed under Realitas Jalanan, Torehan Jalanan and tagged , . Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: