Coretan Penghuni Jalanan

Anak Jalanan Ethiopia Butuh Perlindungan

ImagePada tahun 1989 , UNICEF badan PBB yang mengurusi anak-anak dunia memperkirakan bahwa anak jalanan yang ada di dunia mencapaiu 100 juta anak, tumbuh dewasa di jalanan perkotaan di seluruh dunia. 14 tahun kemudian UNICEF melaporkan “perkiraan terbaru jumlah anak jalanan kian bertambah ”

Dan bahkan baru-baru ini UNICEF mengklaim bahwa jumlah anak-anak jalanan di dunia dipastikan tidak mungkin dapat dihitung, tapi angka itu hampir menyentuh ke puluhan juta di seluruh dunia, sangat mungkin jumlahnya akan semakin meningkat. Angka 100 juta masih sering dikutip, tetapi tidak memiliki dasar dalam kenyataan.

Demikian pula angka itu masih diperdebatkan oleh banyak kalangan, apakah anak jalanan tumbuh secara global, apakah kesadaran masyarakat terhadap anak jalanan itu masih tumbuh.

Sebuah penilitian yang dilakukan oleh suatu lembaga di Ethiopia menemukan fakta , bahwa anak jalanan bekerja di jalanan rata-rata 2-3 jam sehari, biasanya satu jam sesudah pulang sekolah, dan satu jam lagi pada malam hari, 8% bekerja di jalanan pada akhir pekan.

Rata-rata usia dimana anak yang baru terjun ke dunia anak jalanan menginjak usia 10,7 tahun. Dalam survei yang dilakukan oleh beberapa responden anak jalanan pada 51 anak di Addis Ababa, Ibu Kota Ethiopia pada tahun 1994 rata-rata usia inisiasi masuk ke dalam dunia anak jalanan berusia 9 tahun (9,96 tahun untuk anak laki-laki dan 10,47 untuk anak-anak wanita)

Pemerintah Ethiopia mencatat ada sekitar 150.000 anak jalanan yang hidup di Ethiopia. Sekitar 60.000 anak-anak hidup di Addis Ababa, banyak yang datang dari pedesaan menuju ke kota-kota besar guna memperoleh kehidupan yang layak, LSM setempat memperkirakan  masalah ini jauh lebih buruk bilamana tidak ditangani secara serius dan kompeten , dengan hampir 600.000 anak jalanan dan 100.000 di Addis Ababa. UNICEF percaya masalah itu diperparah dengan adanya kondisi ketidakmampuan keluarga untuk mendukung anak-anak karena orang tua mereka sering mengalami sakit-sakitan akibat  kelaparan, dan pendapatan rumah tangga menurun.

Pemerintah dan banyak sekali panti asuhan di Ethiopia yang dikelola secara pribadi tidak mampu menangani jumlah anak jalanan, dan anak-anak yang usianya lebih tua diatas rata-rata 12 tahun sering kali disalahgunakan tenaganya, komite juga sangat prihatin dengan jumlah anak jalanan yang semakin tinggi tidak dapat dikontrol, terutama di pusat kota, terkadang mereka menjadi sasaran pengedar narkotika untuk dijadikan kurir, tak jarang mereka juga menggunakan barang terlarang seperti obat-obatan, eksploitasi seksual, pelecehan, dan korban dari kepolisian. Komite prihatin dengan stigmasisasi yang sudah beredar di masyarakat, sikap negatif mereka terhadap kondisi sosial anak jalanan.

Masalah ekonomi lah yang membuat banyak diantara mereka harus memikul tanggung jawab yang seharusnya dipikul oleh orang lebih tua, usia mereka antara 8 hingga 20 tahun, mayoritas adalah yatim piatu, cacat tubuh mental terganggu, jika anda berkeliling di kota Addis Ababa anda dapat melihat mereka setiap hari berlalu lalang ditengah lalu lintas jalanan kota, mengenakan pakaian compang-camping, tanpa alas kaki, sesekali meminta uang kepada para pengguna jalan, mengemis, beberapa mencari barang bekas kemudian menjualnya

Kejam dan tidak manusiawi tindakan terhadap anak jalanan Addis Ababa

Sekertariat Internasional OMCT telah diberitahu oleh Dewan Hak Asasi Manusia Ethiopia (EHRCO), bahwa pemerintah terlibat dalam tindakan kejam dan tidak manusiawi terhadap anak jalanan Addis Ababa, belakangan masalah ini terjadi karena konflik yang terjadi antara Ertirian dan Ethiopia. namun pemerintah sudah berupaya mencari jalan keluar menangani masalah yang cukup pelik ini.

ImageImageImageImageImageImageImageImageImageImageImageImage

This entry was published on April 23, 2012 at 7:22 am. It’s filed under Eksploitasi Anak, Potret Kelam and tagged , , . Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: