Coretan Penghuni Jalanan

Anak Jalanan Albania, Rentan Eksploitasi !!

ImageImage

Republik Albania, negara yang terletak di daratan Balkan, berbatasan dengan Kosovo, Macedonia, Yunani. sektor pertanian yang menyumbang lebih dari setengah pekerjaan tetapi hanya 1/5 dari PDB, Negara Albania masuk ke daftar 5 negara termiskin di daratan benua Eropa dengan pendapatan perkapita pertahun US 6.600.

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh sebuah LSM di Albania menyebutkan bahwa anak jalanan , rata-rata 94% anak-anak jalanan adalah laki-laki antara usia 10 hingga 14 tahun dan sebanyak separuh dari mereka mulai bekerja sebelum usia 10 tahun. Beberapa anak datang dari kelompok minoritas Roma dan Mesir. sementara yang lain adalah non-minoritas yaitu etnis Albania. Dalam banyak kasus, kemiskinan keluarga adalah faktor pemicu berkembangnya anak jalanan sehingga mereka rela hidup di jalan, melakukan pekerjaan kasar, mengemis.

Sebagian besar mereka bekerja di jalan dengan durasi kerja 7 jam sampai 12 jam, dan penghasilan yang di dapat kemudian diberikan kepada keluarga mereka, lebih dari 80% anak-anak jalanan bekerja pada waktu siang hari, mayoritas mereka putus sekolah karena orang tua mereka tidak sanggup membiayai pendidikan yang semakin mahal, menurut sebuah laporan ketika mereka diwawancarai mereka senang apabila kembali bersekolah.

Ada sekita 800 anak-anak jalanan berkeliaran di jalanan Tirana, ibu kota Albania, menurut sumber dari LSM Albania, pekerjaan menjadi pengemis, tukang semir sepatu. Tidak jarang mereka kerap kali mengalami diskriminasi sosial karena mereka berasal dari kedua etnis yang berbeda, Roma gipsi, dan Mesir, bermigrasi ke negara tetangga adalah salah satu upaya memperoleh penghidupan yang layak.

Fakta

  •  Anak-anak Albania merupakan yang paling rentan.
  •  Ada sekitar 6.700 anak-anak yang bekerja dan hidup di jalanan Albania.
  •  Hanya 3 dari 10 anak dapat bersekolah menengah di daerah pedesaan.
  •  64% dari Roma dan 24% anak berusia 7-20 Mesir tahun buta huruf.
This entry was published on May 1, 2012 at 5:54 am. It’s filed under Eksploitasi Anak, Potret Kelam and tagged , . Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: