Coretan Penghuni Jalanan

Berita Anak Jalanan

Anak jalanan adalah seseorang yang masih belum dewasa (secara fisik dan phsykis) yang menghabiskan sebagian besar waktunya di jalanan dengan melakukan kegiatan-kegiatan untuk mendapatkan uang guna mempertahankan hidupnya yang terkadang mendapat tekanan fisik atau mental dari lingkunganya.  Umumnya mereka berasal dari keluarga yang ekonominya lemah. Anak jalanan tumbuh dan berkembang dengan latar kehidupan jalanan dan akrab dengan kemiskinan, penganiayaan, dan hilangnya kasih sayang, sehingga memberatkan jiwa dan membuatnya berperilaku negatif.

Tak jarang anak jalanan sering mendapat perlakuan yang tidak sewajarnya. Mereka sering mendapatkan penganiayaan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab dan merasa dirinya hebat. Tidak berlebihan jika anak jalanan senantiasa berada dalam situasi yang mengancam perkembangan fisik, mental dan sosial bahkan nyawa mereka. Dalam kehidupan mereka sering dihadapi oleh situasi kekerasan, pelajaran itulah yang kemudian melekat dalam kepribadian mereka. Karena alasan itu maka ketika mereka dewasa, sangat besar kemungkinan mereka menjadi salah satu pelaku kekerasan.

Sebenarnya anak jalanan hanyalah korban masalah keluarga, pergaulan yang salah, dan pemerintah yang tidak peduli dengan nasib mereka. Anak jalanan tidak berbeda dengan anak lainnya yang berasal dari keluarga yang lebih beruntung. Mereka juga memiliki kemampuan dan bakat pada bidang tertentu. Apalagi, pada masa anak-anak perkembangan otak manusia mencapai kapasitas 50%. Di usia mereka yang seharusnya adalah waktu untuk bermain dan belajar tapi mereka seakan dipaksa untuk merasakan beban yang seharusnya tidak mereka rasakan. Mereka tumbuh dan berkembang dalam kehidupan jalanan yang sangat dekat dengan kemiskinan, kekerasan dan penganiayaan

Setiap anak berhak mendapatkan pendidikan, begitu pula dengan anak jalanan. Mereka pun harus mendapat pendidikan yang layak agar dapat membentuk kepribadian mereka menjadi lebih bertanggung jawab terhadap hidupnya. Tapi sayangnya, pendidikan formal sangat sulit mereka dapatkan. Pendidikan pada hakekatnya bertujuan membentuk karakter anak menjadi anak yang baik. Khusus untuk anak jalanan pendidikan luar sekolah yang sesuai adalah dengan melakukan proses pembelajaran yang dilaksanakan dalam wadah rumah singgah.

Rumah singgah sebagai tempat pemusatan sementara yang bersifat non formal, dimana anak-anak bertemu untuk memperoleh informasi dan pembinaan awal sebelum dirujuk ke dalam proses pembinaan lebih lanjut .rumah singgah didefinisikan sebagai perantara anak jalanan dengan pihak-pihak yang akan membantu mereka. Rumah singgah merupakan proses non formal yang memberikan suasana pusat resosialisasi anak jalanan terhadap sistem nilai dan norma di masyarakat. Tujuan dibentuknya rumah singgah adalah resosialisasi yaitu membentuk kembali sikap dan perilaku anak yang sesuai dengan nilai-nilai dan norma yang berlaku di masyarakat dan  memberikan pendidikan dini untuk pemenuhan kebutuhan anak dan menyiapkan masa depannya sehingga menjadi masyarakat yang produktif.

Peran dan fungsi rumah singgah bagi program pemberdayaan anak jalanan sangat penting. Secara ringkas fungsi rumah singgah antara lain :

  • Sebagai tempat perlindungan dari berbagai bentuk kekerasan yang kerap menimpa anak jalanan dari kekerasan dan prilaku penyimpangan seksual ataupun berbagai bentuk kekerasan lainnya.
  • Rehabilitasi, yaitu mengembalikan dan menanamkan fungsi sosial anak.
  • Sebagai akses terhadap pelayanan, yaitu sebagai persinggahan sementara anak jalanan dan sekaligus akses kepada berbagai pelayanan sosial seperti pendidikan, kesehatan dll. Lokasi rumah singgah harus berada ditengah-tengah masyarakat agar memudahkan proses pendidikan dini, penanaman norma dan resosialisasi bagi anak jalanan.
This entry was published on May 30, 2012 at 8:04 pm. It’s filed under Opini Jalanan, pendidikan and tagged , . Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: