Coretan Penghuni Jalanan

Lindungi & Berdayakan Anak

Ilustrasi foto salah satu adik marjinal menerima Tas ayo sekolah rek

Anak bukanlah orang dewasa yang berukuran kecil. Anak mempunyai dunianya sendiri dan berbeda dengan orang dewasa. Anak jalanan adalah anak yang terkategori tak berdaya. Mereka merupakan korban berbagai penyimpangan dari oknum-oknum yang tak bertanggung jawab. Untuk itu, mereka perlu diberdayakan melalui pendidikan, pembangkitan ekonomi, serta keadilan dan penegakan hukum.

Anak jalanan, pada hakikatnya sama dengan anak-anak lainnya yang bukan anak jalanan. Mereka membutuhkan pendidikan. Pemenuhan pendidikan harus
memperhatikan aspek perkembangan fisik dan mental mereka. Sebab, anak bukanlah orang dewasa yang berukuran kecil. Anak mempunyai dunianya sendiri dan berbeda dengan orang dewasa.

“Tak cukup memberinya makan dan minum saja, atau hanya melindunginya di sebuah rumah, karena anak membutuhkan kasih sayang. Kasih sayang adalah fundamental  dalam pendidikan. Tanpa kasih, pendidikan ideal tak mungkin dijalankan. Pendidikan tanpa cinta menjadi kering tak menarik,” kata Conny R Semiawan, pakar pendidikan dari Universitas Negeri Jakarta.

Pemberdayaan menjadi kata kunci untuk mengatasi anak agar tidak beraktivitas di jalanan. Untuk itu, perlu menggali potensi, bakat, dan minat anak-anak marginal, baik itu anak jalanan, pengamen, peminta-minta, dan pedagang asongan. Tujuannya, supaya anak-anak marginal tersebut berminat untuk mengubah citra diri dan kehidupannya ke arah yang lebih baik. Contohnya, bagi yang berbakat di bidang seni musik dan suara, Kementerian Sosial telah memfasilitasinya dengan membuat album rekaman yang telah mulai beredar di pasaran.

Kebahagiaan tidak akan habis hanya karena membaginya. kebahagiaan bertambah ketika kamu bersedia untuk berbagi

Surabaya, 16 September 2012

This entry was published on September 16, 2012 at 11:20 am. It’s filed under Inspirasi Kehidupan, Opini Jalanan and tagged , . Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: