Coretan Penghuni Jalanan

Cara Menjadi Seorang Guru Cemerlang

Ilustrasi Foto, Rocky lagi serius belajar follow @SSChildSurabaya

Jika kita ingin menjadi seorang guru yang cemerlang, dikagumi dan dihormati oleh anak didik, masyarakat sekitar dan rekan seprofesi bukan perkara yang mudah.Ada cara yang perlu dilakukan oleh seorang guru untuk mendapat pengakuan sebagai guru yang baik dan cemerlang. Cara pertama untuk menjadi seorang guru cemerlang pengajaran gemilang ialah guru harus berusaha menjawab setiap pertanyaan yang dikeluarkan oleh pelajar yang inginbertanya. Menurut petikan “5 cara untuk menjadi guru yang kreaktif”,

Sebagai seorang guru yang cemerlang dalam pengajaran gemilang biasa membuat peraturan kelas yang isinya antara lain „Tidak boleh merendahkan atau meremehkan pendapat orang lain‟ guru juga jangan lupa memberi contoh dahulu kepada pelajar untuk mengucapkan terima kasih dan menghargai untuk setiap pertanyaan, atau pendapat dari pelajar anda. Sebagai guru seharusnya menjawab setiap pertanyaan yang diajukan pelajar dengan cara yang baik. Jika suatu saat ada pertanyaan dari murid yang tidak siap dijawab, berlakulah jujur. Berjanjilah untuk dapat menjawabnya dengan benar pada kesempatan lain sementara kita berusaha mencari jawaban tersebut.

Janganlah merasa malu karena hal ini. Ingat sebagai manusia kita mempunyai keterbatasan. Tapi usahakan hal seperti ini jangan terlalu sering terjadi. Untuk menghindari kejadian seperti ini, berusahalah untuk banyak membaca dan belajar lagi. Jangan bosan belajar. Janganlah menutupi kelemahan guru dengan cara marah-marah bila ada anak yang bertanya sehingga menjadi kananak tidak berani bertanya lagi. Jika pelajar sudah tidak berani untuk bertanya, jangan harap pembelajaran dan pengajaran guru tersebut akan berhasil. Cara seterusnya untuk menjadi seorang guru yang cemerlang dan pengajaran gemilang ialah berusaha tampil di muka kelas dengan prima.

Menurut petikan “ 7 cara menjadi guru yang professional dan bersikap”,cukup cari bacaan yang bermanfaat, bacalah maka anda akan terhindar dari pembicaraan yang sia-sia di ruang guru. Jika perlu, ketika berbicara di muka kelas tidak membuka catatan atau buku pegangan sama sekali. Berbicaralah yang jelas dan lancar sehingga terkesan di hati siswa bahwa kita benar-benar tahu segala permasalahan dari materi yang disampaikan.Di samping itu,guru cemerlang juga harus memiliki rasa malu dan rasa takut.Untuk menjadi guru yang cemerlang, maka seorang guru harus memiliki sifat ini.

Dalam hal ini yang dimaksud rasa malu adalah malu untuk melakukan perbuatan salah, sementara rasa takut adalah takut dari akibat perbuatan salah yang kita lakukan. Dengan memiliki kedua sifat ini maka setiap perbuatan yang akan kita lakukan akan lebih mudah kita kendalikan dan dipertimbangkan kembali apakah akan terus dilakukan atau tidak. Selain itu, cara untuk menjadi seorang guru cemerlang juga tidak boleh bersikap sombong. Di dalam kelas, guru tidak patut menyombongkan diri dihadapan murid dan jangan membanggakan diri sendiri, baik ketika sedang mengajar ataupun berada di lingkungan lain.

Jangan mencemoohkan murid yang tidak pandai di kelas dan jangan mempermalukan murid di muka orang banyak. Namun pangillah murid yang bersalah dan bicaralah dengan baik-baik dan tidak berbicara dan berlaku kasar pada murid.Untuk menjadi seorang guru yang cemerlang, cara yang harus kita lakukanialah pandai kendalikan emosi dalam proses pembelajaran dan pembelajaran.Janganlah guru mudah marah di kelas dan jangan mudah tersinggung karena perilaku murid.

Kita harus ingatkan bahwa murid yang kita ajar adalah remaja yang masih sangat labil emosinya. Murid yang kita ajar berasal dari daerah dan budaya yang mungkin berbeda satu dengan yang lainnya dan berbeda dengan kebiasaan kita, apalagi mungkin pendidikan di rumah dari orang tuanya memang kurang sesuai dengan tata cara dan kebiasaan kita. Marah di kelas akan membuat suasana menjadi tidak enak, murid menjadi tegang dan takut akan guru.

Hal ini akan berpengaruh pada daya nalar murid untuk menerima materi pelajaran yang kita berikan. Secara tuntasnya, terdapat banyak cara lagi untuk menjadi guru yang cemerlang. Para guru yang baik perlu lebih memiliki ketrampilan diri sebagai pendidik sempurna dengan memiliki pelbagai ilmu tradisional dan dasar dan aspirasi Negara dengan jelas dan mantap, bersahsiah tinggi,beretika cemerlang, pelbagai kemahiran pengajaran dan pembelajaran terkini.

Sources

This entry was published on October 24, 2012 at 11:39 pm. It’s filed under Inspirasi Kehidupan, pendidikan and tagged . Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post.

2 thoughts on “Cara Menjadi Seorang Guru Cemerlang

  1. nah, ngomongin soal peran guru untuk pendidikan saya nemuin nih situs yang bisa dipakai oleh guru,siswa dan orang tua, nanti guru bisa mengevaluasi belajar siswanya lewat situs ini http://id.gameforsmart.com/

    nah sekalian mau informasikan kalau di situs http://id.gameforsmart.com/ ini diadakan lomba cerdas cermat online se-jawa timur ke-2,untuk jenjang SD dan SMP. cepetan ikut, terakhir Februari 2013 lo.

  2. m.fandy on said:

    pahlawan tanpa tanda jasa

    gbung jga yaa
    http://motogp.unsri.ac.id/index.php/menu/17

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: