Coretan Penghuni Jalanan

Piknik Asik Marjinal With HI Unair 2012

Piknik Asik Marjinal Halo teman-teman, selamat datang kembali di blog saya, pertama penulis mengucapkan selamat tahun baru 2013 dengan semangat baru tentunya. Besar harapan di tahun ini semoga kita selalu senantiasa diberikan kesehatan jasmani dan rohani, dimudahkan segala urusan duniawi dan dilancarkan rezeki & jodoh *eh* semoga di tahun 2013 ini membawa kemajuan untuk diri kita sendiri khususnya dan semangat kepedulian berbagi tidak luntur dan terus berkobar, utamanya kita lebih peka terhadap keadaan sosial sekitar.

Dalam postingan kali ini, penulis memang sengaja menulis artikel tentang liputan saya mengikuti rekam jejak Preman SSC dalam sebuah acara Charity Baksos bekerja sama dengan HI Unair 2012, sebenarnya acara ini dilaksanakan pada tahun lalu 2011 di bulan Oktober tidak lama, tapi karena saya baru menyadari hal itu ketika saya hendak mengutak-atik arsip laptop saya bahwa menemukan sejumlah foto acara tersebut. Well, oke deh, akhirnya saya berniat memposting sejumlah foto kegiatan tersebut.

Pagi itu sekitar pukul 10.00 WIB matahari cukup terik, tepat di hari minggu dimana banyak orang meluangkan waktu untuk berlibur, keceriaan begitu terasa ketika kami dan beberapa segenap teman-teman HI UNAIR 2012 mengajak piknik asik bareng adik-adik marjinal Ambengan di salah satu lokasi Taman Kebun Bibit, Surabaya, berdekatan Terminal Bratang, meskipun hari ini tampak begitu terik panas tapi sama sekali menyurutkan langkah kaki adik-adik untuk mengikuti kegiatan piknik asik, terhitung ada sekitar 50 anak-anak.

Keceriaan selalu mengiringi di setiap kegiatan yang berlangsung, adik-adik terlihat begitu antusias mendengar setiap perkataan yang diucapkan oleh kakak-kakak dari Unair, meskipun ada segelintir adik-adik cenderung berbicara atau ngoceh sendiri, namanya juga anak kecil, ada saja tingkah laku kecil mereka yang lucu bahkan menjengkelkan. Bicara tentang kegiatan apa saja yang dilakukan disana? Adapun acara kegiatannya adalah acara pertama ialah penyambutan dari kakak-kakak UNAIR atas terselenggaranya acara baksos ini, kemudian acara dilanjutkan dengan beberapa games yang memang sengaja di desain untuk turut serta menjaga kekompakan tim bersama adik-adik tentunya, permainanan ini menuntut kerja sama tim baik itu dari kakak-kakak Unair HI 2012 bareng adik-adik.

Sedikit informasi, adapun permainan ini sebenarnya tidak sesulit yang kalian bayangkan, sederhana saja, permainan ini kami menyebutnya pencarian Harta karun, jangan membayangkan kalau medan pecariannya berada di tempat hutan yang belum terjamah, bukan seperti itu. hehe. Jadi konsepnya, adik-adik dibantu dengan kakak-kakak Unair HI 2012 untuk menemukan petunjuk atau sejumlah*Clue* yang tersembunyi dan kemudian memecahkan kode itu, tidak semudah itu untuk menyelesaikan kode itu satu tahap ke tahap lain, dibutuhkan kerja ekstra tambahan, *Lebay*. Peserta harus melewati sejumlah tantangan yang sudah dipersiapkan oleh Panitia acara yang notabene senior HI Unair. lumayan bisa mengasah keterampilan dalam memecahkan kode hehe. Games ini bertujuan menguji kesabaran dan kerja sama yang solid.

Dapat saya mencontohkan sedikit jadi para peserta adik-adik diberikan beberapa pertanyaan yang sebenarnya mudah untuk dijawab. seperti bahas inggrisnya Kapal apa? sebutkan paling tiga jenis hewan dalam bahasa inggris? dan itu pun juga ada jangka waktu dalam menjawabnya. kalau tidak bisa ya  harapan untuk memperoleh harta karun akan semakin kecil atau sirna dan ada satu lagi pantangan yaitu tidak boleh dibantu oleh kakak-kakak pendamping Unair HI 2012. Dan ada satu permainan yang membuat saya tergelitik karena melihat tingkah lucu adik-adik, yaitu adik-adik bersama kakak-kakak yang keseluruhan kelompok berjumlah 10 harus berjalan kaki beriringan lantas kemudian kaki mereka diikat menggunakan tali. berjalan beriringan layaknya mengikuti permainan lomba jalan cepat menggunakan sandal kayu estafet lengkap dengan para punggawa.

Selain ada sejenis permianan games ada juga pelepasan balon ke udara yang nantinya di balon yang sudah dipersiapkan itu ada semacam gantungan berupa harapan dan cita-cita yang terulis dalam secarik kertas, kemudian diterbangkan oleh balon udara tersebut, besar harapan semoga cita-cita yang selama ini diinginkan segera terwujud dan seperti apa yang diungkapkan oleh pepatah “Kejarlah cita-citamu setinggi langit” amin amin.

Foto Dokumentasi Piknik Asik With HI UNAIR 2012

Piknik Asik Marjinal Piknik Asik Marjinal Piknik Asik Marjinal Piknik Asik Marjinal Piknik Asik Marjinal Piknik Asik Marjinal Piknik Asik Marjinal Piknik Asik Marjinal Piknik Asik Marjinal Piknik Asik Marjinal Piknik Asik Marjinal Jumat Sehat MarjinalPiknik Asik Marjinal

Ayo gabung ke komunitas ini ?

More info : #Semangat Berbagi

Twitter : @SSChildSurabaya

Facebook : Save Street Child Surabaya

Website  : Save Street Child Surabaya

 

This entry was published on January 4, 2013 at 8:38 am. It’s filed under Komunitas and tagged . Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: