Coretan Penghuni Jalanan

Ajari Anak Sejak Dini Untuk Berterima Kasih

IqbalIqbal 4 tahun, potret anak bangsa JMP 

Sejak lahir seorang anak punya kepribadian, namun belum memiliki karakter. Agar mental tumbuh dengan baik, orangtua harus membantu pembentukan karakter anak sedini mungkin. Contoh paling dasar adalah, mengajarkan anak untuk mengucapkan terima kasih. Selain untuk pembangunan pendidikan, kata-kata tersebut jadi salah satu bentuk emosi dasar sebagai wujud rasa syukur. Ada tiga cara, agar orangtua mudah mengajarkan hal ini pada anak, seperti dilansir dalam Times of India:
 
Beri Contoh
Ketika Anda ingin mengajarkan anak untuk lakukan tindakan sopan melalui perkataan, jangan lupa untuk berikan contoh terlebih dahulu. Mulailah dari cara yang sederhana, misal dengan meminta pertolongan untuk ambilkan sesuatu dan katakan terima kasih. Atau hal lain yang dapat membuat dirinya merasa lebih dihargai.
 
Imbalan
Umumnya seorang anak menyukai saat diberikan hadiah. Ketika Anda berikan imbalan, ia cenderung akan terus mengulangi hal yang sama, ucapkan terima kasih. Namun patut digarisbawahi, imbalan yang diberikan janganlah berlebihan. Anda dapat memberikan imbalan berupa pujian, perhatian, dan motivasi.
 
Bersyukur
Setiap orang tua memang punya cara sendiri dalam mendidik anak. Namun mengucap syukur tiap hari sudah jadi bagian hidup setiap keluarga. Oleh karena itu, ajarkan anak untuk mensyukuri apa yang dimiliki.

Rungkut, Surabaya 22 April 2013

@Benradit

Kalau bukan kita, siapa lagi? Kalau bukan sekarang, kapan lagi?

This entry was published on April 29, 2013 at 7:41 am. It’s filed under Inspirasi Kehidupan, Komunitas, pendidikan and tagged . Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: