Coretan Penghuni Jalanan

With Care 2 Share Pagelaran Seni Anak Marjinal Surabaya

SSC Antusiasme anak-anak termarjinalkan dalam acara WC2Share 9 Juni 2013

Assalamualaikum Wr. Wb apa kabar teman-teman? semoga dalam kondisi sehat tentunya dibawah naungan lindungan Tuhan. Di kesempatan  ini penulis akan mencoba merangkum kembali tentang kegiatan With Care 2 Share @SSChildSurabaya yang terselenggara pada 9 Juni 2013 di Gor Hayam Wuruk Surabaya kemarin. Sebelum menengok lebih lanjut apa itu With Care 2 Share ada baiknya penulis coba jelaskan sedikit disini, sudah kali kedua acara WC2S ini terselenggara, jika tahun kemarin mengambil lokasi di Kampung Seni THR. Namun kini ada sedikit perbedaan yang mula dilaksanakan di Outdoor beralih ke Indoor. Mengingat dari pelajaran kejadian tahun kemarin karena cuaca tidak memungkinkan alhasil turun hujan sehingga mengakibatkan sedikit membuyarkan acara. Jadi teman-teman berinisiatif untuk mengambil lokasi di Indoor.

Apa itu With Care To Share ? merupakan pagelaran seni anak marjinal & Jalanan Kota Surabaya dengan menyongsong tema Berbagi Cinta, Ilmu & Harapan. Tidak ada kesan istimewa dalam event ini, hanya sarana wadah kepedulian anak muda Surabaya untuk menyalurkan virus semangat berbagi kepada sesama lantas diwujudkan ke dalam bentuk  pagelaran seni dan beberapa penampilan adik-adik binaan @SSChildSurabaya antara lain adik-adik dari stren kali Jembatan Merah, adik-adik termarjinalkan area Makam Rangkah. adik-adik Ambengan, adik-adik penghuni stren kali Gemblongan, adik-adik marjinal Taman Bungkul. Tidak sampai disitu saja untuk memeriahkan event kali ini mengundang beberapa sanggar & komunitas yang sejalan dengan komunitas Save Street Child Surabaya diantaranya adalah @Pijar13 @SanggarAlfaz @Pay_Suroboyo , Ruang Publik pengamen jalanan dan masih banyak lagi mohon maaf tidak bisa menyebutkan satu persatu. Sudah membayangkan dibenak kalian bagaimana keseruan acara yang dibalut secara sederhana ini.

Sebagai wujud rasa syukur & kepedulian sesama mengedepankan asas kemanusiaan bisa diasumsikan acara With Care 2 Share 9 Juni 2013 ini mampu menyedot perhatian publik, mulai dari kalangan anak muda dan segenap elemen lapisan masyarakat ikut serta menyaksikan kesederhanaan event kali ini.  Disini ada beberapa anak-anak binaan @SSChildSurabaya ikut berpartisipasi dalam susunan acara, sebut saja adik-adik dari stren kali Jembatan Merah, mereka menampilkan sebuah penampilan seni tari. Meskipun koreografi yang ditampilkan tampak begitu sederhana namun siapa menyangka mampu meraih tepuk tangan sambutan dari para penonton yang hadir menyaksikan acara tersebut. Lain halnya dengan adik-adik yang berasal dari Taman Bungkul mereka tampak begitu sigap & piawai memainkan alat musik berupa gitar & gendang mereka menyumbangkan lagu Anak Merdeka yang notabene merupakan hasil karya cipta Band dari Jakarta yakni Marjinal. Hingga pada akhirnya saya menaruh apresiasi pada mereka.

Ada satu hal yang mengesankan untuk saya mana kala ketika melihat penampilan beberapa adik-adik binaan @SSChildSurabaya rata-rata diantara mereka adalah perempuan, bisa dikatakan umumnya fashion show dilakoni oleh mereka yang sudah menginjak usia remaja maupun dewasa namun ini ada hal perbedaan mendasar, usianya mungkin bisa dikatakan masih relatif kecil untuk kategori usianya, namun kepiawaiannya dalam berlenggak lenggok diatas catwalk sudah dapat dipastikan tidak bisa diragukan lagi, saya begitu terkesimah melihat tingkah lucu yang dibuat olehnya. mereka dengan tubuh mungilnya unjuk kebolehan menampilkan setiap busana yang ia kenakan dengan gaya hampir menyerupai model professional meskipun pada kenyataannya perlu didampingi oleh kakak-kakak karena mereka begitu tampak malu disaksikan ratusan mata yang memandang di atas stage, belum lagi ditambah antusiasme dari beberapa adik-adik yang menyaksikan fashion show tersebut hingga pada akhirnya kakak-kakak tampak sibuk membuat pagar betis agar antusiasme penonton dan menghimbau untuk tidak mendekati area stage. Sudah sepantasnya kita mengapresiasinya tidak memandang sebelah mata mereka, sama seperti kita manusia, kita juga makan & minum hanya ketidakberpihakkan nasib yang mengharuskan mereka sedini mungkin untuk membantu meringankan beban orang tua.

Tidak lupa saya mewakili teman-teman mengucapkan kepada siapapun itu yang turut andil berpartisipasi baik itu volunteer yang tentunya tanpa kenal lelah sudah mendesain & berupaya sepenuhnya demi terwujudnya acara terselenggara dengan baik, Kegiatan tersebut dihadiri oleh beberapa kawan-kawan komunitas yang sejalan concern menangani anak jalanan & marjinal. Meliputi kawan-kawan dari @SSChildMalang @SSChildPasuruan @SSChild_Jember dan perwakilan satu dari @SSChildJogja melalui mas @RgaAditya yang sudah berkenan datang jauh dari Kota Pelajar Yogyakarta. Semoga tali silaturami ini tetap jalan sebagaimana mestinya & tetap tularkan virus semangat berbagi. Dan seperti ritual tahun kemarin dimana ada masa transisi pergantian General Coordinator jika generasi pertama diberikan suatu kepercayaan & amanah kepada kak @InggridPitaloka lantas 10 Juni 2012 posisi GK resmi dipegang oleh kak @HamdanBahalwan nah di acara With Care 2 Share kedua kali ini jabatan resmi didaulat kepada kak @Advin_Cepot kita tunggu program selanjutnya untuk adik-adik yang paling Yae !!

Potret Dokumentasi With Care 2 Share

1002091_526594054073199_501526250_n 1017281_526194690779802_2134125119_n With Care To Share With Care To Share With Care To Share 5990_526710657394872_1810315840_n Ruang Publik With Care To Share With Care To Share With Care To Share With Care To Share With Care To Share With Care To Share With Care To Share With Care To Share With Care To Share With Care To Share With Care To Share With Care To Share With Care To Share With Care To Share With Care To Share With Care To Share With Care To Share With Care To Share With Care To Share With Care To Share With Care To Share With Care To Share With Care To Share With Care To Share With Care To Share With Care To Share With Care To Share 947051_526369894095615_1503625063_n With Care To Share With Care To Share With Care To Share With Care To Share With Care To Share With Care To Share With Care To ShareWith Care To Share With Care To Share With Care To Share With Care To Share With Care To Share

Rungkut Surabaya 

@Benradit

Kalau bukan kita, siapa lagi? Kalau bukan sekarang, kapan lagi?

Kamu adalah agen perubahan. Kamu adalah manusia yang tercerahkan. Kamu, adalah satu dari sekian orang yang punya waktu untuk memikirkan sesama.
This entry was published on June 19, 2013 at 8:59 am. It’s filed under Inspirasi Kehidupan, Komunitas, pendidikan and tagged , . Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: