Coretan Penghuni Jalanan

Celengan Si Kecil

Ini adalah salah satu program Save Street Child Surabaya yang hingga sampai saat ini tetap terlaksana dengan baik, Celengan Si Kecil kami menyebutnya Celengan Si Kecil ? karena memang celengan ini diperuntukkan bagi anak-anak kecil, adapun maksud dan tujuan dilaksanakan program ini adalah untuk mengajarkan adik-adik anjal untuk suka menabung menyisihkan sebagian kecil uang mereka dan memupuk sifat gemar menabung, seperti yang kita ketahui bahwa celengan itu merupakan nama umum untuk kotak pengakumulasian atau penabungan koin. Celengan bertujuan untuk mengajarkan kepada anak untuk menabung. Ada pepatah mengatakan sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit, benar memang demikian itulah filosofi yang sering kita dengarkan apabila kita rajin menabung.

Anak-anak bahkan orang dewasa pun terkadang lupa akan perilaku hemat. Sepertinya ini kalimat klise ”hemat pangkal kaya”, seakan-akan semua sudah tahu, tapi apa benar kita telah benar-benar hemat? Ataukah kita lebih akrab dengan membeli, jajan, dan berbagai istilah konsumeris lain? Kalau memang kita sudah terbiasa dengan pola hemat, cobalah menularkannya pada si kecil. Kalau belum, ya bisa dipakai untuk mengingatkan diri sendiri.

Anak kecil terkadang susah untuk diajar kebiasaan hemat, yang pasti kebiasaan jajan lebih sering. Karena itu kita harus tahu strategi apa yang akan kita gunakan untuk menularkan kebiasaan hemat pada anak.

Umumnya, Anak-anak cenderung merasa bahwa uang yang ia dapat, seketika itu juga harus ia habiskan dan itu adalah hak penuh dirinya. Namun bukan berarti tidak ada solusi untuk mulai mengajarkan si kecil berlaku hemat. Anak akan paham manfaat hemat jika ia memahami fungsi uang serta konteks sosial disekitarnya.

Dapat dikatakan Celengan adalah tabungan masa depan kita kedepan, jadi semakin rajin menabung, semakin banyak pula keuntungan yang bisa kita dapatkan. Awal dari program ini sebelumnya tidak ada dalam pemikiran anggota SSC untuk Celengan Si Kecil ? namun setelah muncul ide dari beberapa anggota, akhirnya dapat terealisasi, celengan kecil, syukur alhamdulilah berkat donasi 20.000 Rupiah yang diberikan oleh kakak-kakak yang dermawan kepada adik-adik anjal kini menjadi Celengan, tampak adik-adik sekarang bersemangat menyisihkan sebagian dari uang mereka untuk dialokasikan dalam bentuk menabung, tak jarang ada juga yang celengan masing-masing adik anjal yang terisi sedikit bahkan kosong melompong, besar kecilnya nominal menabung tidak menjadi persoalan, asalkan ikhlas merelakan uang mereka untuk ditabung, sebagai modal awal masa depan yang lebih baik.

Selain mengajarkan, menanamkan perilaku budaya gemar menabung sejak dini ada maksud tujuan lain terselip dari gagasan celengan ini, supaya mengajarkan kebiasaan hemat pada adik-adik anjal, hemat pangkal kaya, rajin pangkal pandai. Sudahkah kalian mengajarkan pada saudara-saudara anda untuk suka menabung ?

We Care To Share Kalau Bukan Kita, Siapa lagi ? Kalau Bukan, Sekarang Kapan Lagi ?

Foto Dokumentasi Celengan Si Kecil

Sebaik-baik manusia diantaramu adalah yang paling banyak manfaatnya bagi orang lain ” (HR. Bukhari)

2 thoughts on “Celengan Si Kecil

  1. Betul sekali, anak sejak dini di ajarkan menabung.
    Selamat menabung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: