Coretan Penghuni Jalanan

Fundraising Balai Kota Surabaya

Nah di momen kesempatan yang langkah ini saya akan sedikit berbagi kisah, mengenai event With Care To Share Save Street Child Surabaya yang sedianya akan diselenggarakan pada 10 Juni 2012 mendatang di Kampung Seni THR Surabaya. Demi kelangsungan acara pihak panitia SSC berusaha sebaik mungkin menampilkan suguhan terbaik kepada para pengunjung yang datang di THR Surabaya, namun ada sedikit terkendala kebutuhan finansial yang kurang memadai, akhirnya kawan-kawan preman SSC, dan segenap volunter berinisiatif bagaimana kalau Fundraising (Penggalangan Dana) guna menutupi biaya operasional acara ! gagasan itu muncul mengingat biaya yang dianggarkan tak sedikit belum dicover oleh pihak sponshorship. Jadi para preman memutuskan turun ke jalan, melakukan kegiatan penggalangan dana untuk Anak Jalanan.

Sore itu, tanggal 2 Juni 2012, tepat hari sabtu seperti biasa komunitas Save Street Child Surabaya mengadakan kegiatan rutin Gathering (kumpul) membicarakan persiapan acara With Care To Share, evaluasi program seminggu belakangan, unek-unek, kritik dan saran yang mengambil start tempat di Kampung Seni THR Surabaya, yang semula biasa bertempat di Taman Prestasi. Event ini persiapannya bisa dikatakan matang 80% sudah lebih dari 2 bulan yang lalu, namun ada saja kendala yang kami hadapi, mulai dari dekorasi konsep acara, penyediaan alat perlengkapan pendukung, dan masih banyak lainnya, sangat menguji kesabaran. Tapi tak apa lah, sekali berjuang mati pun tak dirasa. Harapannya kedepan supaya acaranya berjalan dengan lancar tak ada halangan apapun. Memang saya sengaja datang agak telat sedikit, Jam 6 Maghrib, yang semula dijadwalkan gathering jam 16.30 WIB. Setelah usai membicarakan teknis acaranya seperti apa, survey tempat, perizinan tempat acara, saya dan para preman sebutan untuk para volunter SSC, bergegas beranjak dari tempat Kampung Seni menuju ke Balai Kota.

Kenapa kita lebih cenderung memilih tempat spot Balai Kota daripada tempat yang lain ? karena hari itu bertepatan dengan hari jadi Kota Surabaya ke 719 tahun, secara kebetulan Balai Kota dijadikan tempat konser bertajuk Ulang Tahun Kota Surabaya mendatangkan deretan artis Ibu Kota, seperti apa kelanjutan kisahnya ? benar dugaan saya sebelumnya, banyak pengunjung yang berbondong-bondong guna menyaksikan konser tersebut, hingga jalan Gubernur Suryo kendaraan berjalan merayap, macet total, akibat penutupan jalan Yos Sudarso arah balai kota,  sepertinya kita dapat memanfaatkan celah dengan diadakannya konser tersebut, tak perlu membutuhkan waktu lama saya dan para preman tentunya menggelar aksi penggalangan dana sambil ngamen, tidak peduli dengan situasi yang kian bertambah kurang kondusif, terhitung ada 15 orang yang berpartisipasi dalam acara Fundraising.

Begitu lantunan lagu kami dendangkan, seketika orang disekitar langsung memasang wajah penuh tanda tanya, ada apa ini ? sambil menghadap ke arah kami, tampaknya kita dapat menarik simpati orang-orang lewat, heu heu. Adapun ada sebagian yang bertugas menyebarkan selebaran brosur kepada pengunjung yang lewat, menarik simpati orang lain untuk membubuhkan harapan kedepan buat anjal Surabaya,  ada juga yang tanda tangan sebagai wujud apresiasi kepedulian anjal Surabaya khususnya, tak banyak yang mau mendonasikan sedikit rezekinya, kembali pada diri kita masing-masing.

Hampir 1 jam setengah kami ngamen fundraising, namun kenyataannya sedikit sekali pengunjung yang bersedia mendonasikan rezekinya kepada kami, setelah dipikir, ada baiknya kita pulang saja, daripada membuang energi secara percuma, kemudian besoknya melanjutkan fundraising di Taman Bungkul. Tak banyak yang kami dapat dari hasil mengamen malam itu, semoga apa yang kita dapat hari itu, bermanfaat, itu besar harapan kami, walaupun tidak sebanding dengan apa yang kita perbuat.

We Care To Share Kalau Bukan, Kita Siapa Lagi ? Kalau Bukan, Sekarang Kapan Lagi ?

 Foto Dokumentasi Fundraising Balai Kota Surabaya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: