Coretan Penghuni Jalanan

Piknik Asik Anjal Save KBS

Kebun Binatang Surabaya (KBS) adalah salah satu kebun binatang yang populer di Indonesia, terletak di jalan Setail No. 1 Surabaya, KBS merupakan kebun binatang yang pernah terlengkap se-Asia Tenggara, didalamnya terdapat lebih dari 351 spesies satwa yang berbeda yang terdiri lebih dari 2.806 binatang. Termasuk didalamnya satwa langka Indonesia maupun dunia terdiri dari Mamalia, Aves, Reptilia, dan Pisces, namun belakangan tahun ini muncul beberapa fakta yang mencengangkan bahwa banyak sekali ditemukan binatang satwa yang mati di KBS, sungguh sangat disayangkan, oke baik lah syukur Alhamdulilah Save Street Child Surabayadapat menyelenggarakan Piknik Asik Anjal yang ketiga sebelumnya Piknik Asik dilaksanakan di Bumi Moro Planetarium.

Bertepat di Kebun Binatang Surabaya kebanggan warga kota Surabaya tentunya, Event Piknik Asik Anjal sengaja digelar di Bon Bin, ini bukannya tanpa alasan, mengapa kita cenderung memilih Bon Bin sebagai destinasi tujuan wisata utama ? Acara piknik ini diharapkan kedepannya apabila berlangsungnya acara dapat mengedukasi adik-adik anjal untuk mengenal keanekaragaman satwa langkah yang dilindungi, dan endemik lebih dalam, yang mereka tahu saat ini, hanyalah sekilas yang ada di layar kaca, apabila melihat binatang-binatang. Jadi kita lebih memilih Bon Bin daripada tempat yang lain yang lebih menarik.

Saya pribadi menilai KBS merupakan tempat wisata yang menarik karena faktor letaknya yang berada di tengah-tengah kota Surabaya, diantara kesibukan kota metropolis ternyata masih dapat kita temukan tempat berbagai macam satwa yang sebagian besar biasanya hidup di alam bebas, hal ini dapat menjadi semacam tolak ukur bagi manusia untuk tetap menjaga keseimbangan alam dalam melestarikan satwa dan juga bagi anak-anak kecil, di satu sisi yang lain ada konflik manajemen KBS.

Mengunjungi KBS merupakan bagian pendidikan yang secara tidak langsung berguna untuk mengenal berbagai macam satwa yang ada supaya tertanam sejak dini perasaan mencintai seluruh alam dan isinya. Selain itu, KBS merupakan taman satwa yang artinya tempat atau wadah dengan fungsi utama konservasi ex-situ yang melakukan usaha perawatan dan penangkaran berbagai jenis satwa dalam rangka membentuk dan mengembangkan habitat baru sebagai sarana perlindungan dan pelestarian alam yang dimanfaatkan untuk pengembangan IPTEK serta untuk sarana rekreasi alam yang sehat.

Selama ini pada hari minggu atau hari-hari libur lainnya, KBS selalu dipenuhi pengunjung yang datang dari berbagai daerah, kota, bahkan turis mancanegara.  Kalau dilihat sepintas perkembangan Kebun Binatang Surabaya sangat baik dan pantas untuk dibanggakan sebagai obyek wisata di Jawa Timur dan di Surabaya pada khususnya. Jadi itulah beberapa alasan mengapa kita lebih memilih Bon Bin sebagai tujuan utama.

Foto Dokumentasi Piknik Asik Anjal Save KBS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: