Coretan Penghuni Jalanan

Piknik Ngaji Bareng Hijabers

Nah dalam kesempatan kali ini saya akan memposting kegiatan Piknik Asik Anjal bareng Komunitas Hijabers Surabaya namun Piknik kali ini terasa sangat berbeda karena tempat yang dituju, bukanlah tempat tujuan wisata pada umumnya, Piknik ini bertempat di Masjid Cheng Hoo Surabaya bareng Hijabers Surabaya, ornamen bentuk arsitek masjid ini sangat artistik ada perpaduan China, di compare menjadi satu menjadi bangunan megah sebagai tempat ibadah umat Islam, luar biasa begitulah yang bisa saya katakan. Adik-adik Anjal Makam Rangkah diikut sertakan.

Sekilas Masjid Cheng Hoo nampak dari luar tak ubahnya seperti tempat persembahyangan kelenteng China, akan tetapi setelah memasuki ruangan tempat ini ada nuansa islami, tertulis setiap bagian detail bangunan kaligrafi bernafas Islami, Masjid Cheng Hoo Surabaya Masjid bernuansa Muslim Tionghoa yang berlokasi di Jalan Gading, Ketabang, Genteng, Surabaya atau 1.000 m utara Gedung Balaikota Surabaya, didirikan pada tahun 2001. Masjid Cheng Ho, atau juga dikenal dengan nama Masjid Muhammad Cheng Ho Surabaya, ialah bangunan masjid yang menyerupai kelenteng (rumah ibadah umat Tri Dharma)

Masjid ini didominasi warna merah, hijau, dan kuning. Ornamennya kental nuansa Tiongkok lama. Pintu masuknya menyerupai bentuk pagoda, terdapat juga relief naga dan patung singa dari lilin dengan lafaz Allah dalam huruf Arab di puncak pagoda. Di sisi kiri bangunan terdapat sebuah beduk sebagai pelengkap bangunan masjid.

Sedikit melenceng dari judul di atas, bercerita tentang masjid ini, nama masjid ini merupakan bentuk penghormatan pada Cheng Ho, Laksamana asal Cina yang beragama Islam. Dalam perjalanannya di kawasan Asia Tenggara, Cheng Ho bukan hanya berdagang dan menjalin persahabatan, juga menyebarkan agama Islam, Pada abad 15 dinasti Ming.

Pada abad ke 15 pada masa Dinasti Ming (1368-1643) orang-orang Tionghoa dari Yunnan mulai berdatangan untuk menyebarkan agama Islam, terutama di pulau Jawa. Yang kemudian Laksamana Cheng Ho (Admiral Zhang Hee) atau yang lebih dikenal dengan Sam Poo Kong atau Pompu Awang pada tahun 1410 dan tahun 1416 dengan armada yang dipimpinnya mendarat di pantai Simongan, Semarang. Selain itu dia juga sebagai utusan Kaisar Yung Lo untuk mengunjungi Raja Majapahit yang juga bertujuan untuk menyebarkan agama Islam.

Sudah pada tahu kan kenapa ? Masjid ini dinamakan Masjid Cheng Hoo, diatas saya jelaskan rekam sejarah perkembangan Masjid ini, dibangun tak lain tak bukan untuk menghormati Cheng Hoo, yang telah berjasa menyebarkan Islam di tanah Jawa, dan tentunya untuk menyempurnakan ibadah umat Islam.

Bercerita tentang Piknik Asik kali ini bernuansa Religius dengan klimaks acara mengaji bareng Hijabers dan mendengarkan tausyiah dari Ustadz, hanya kakak-kakak SSC wanita yang mendampingi adik-adik mengaji bareng Hijabers, jadi saya agak sedikit kekurangan info mengenai keberlangsungan acara piknik bareng Hijabers ini, namun tidak usah khawatir berikut saya akan menampilkan cuplikan foto adik-adik anjal di Masjid Cheng Hoo.

Foto Dokumentasi Piknik Anjal Bareng Hijabers

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: