Coretan Penghuni Jalanan

Pengajar Keren

Pengajar Keren (PREMAN)

Pada hakekatnya pendidikan merupakan investasi yang paling strategis dalam proses pembangunan nasional, karena terkait langsung dengan penyediaan sumber daya manusia (SDM) berkualitas sebagai penggerak utama pembangunan.

Berdasarkan UUD RI 1945 pasal 31 tentang pendidikan menjelaskan bahwa tiap-tiap warga negara berhak mendapatkan pengajaran. Pada pasal 34 juga menjelaskan bahwa fakir miskin dan anak-anak terlantar dipelihara oleh negara. Bila kita menilik pada UU nomor 20 tahun 2003 pasal 5 ayat 1 menetapkan setiap warga negara mempunyai hak yang sama untuk memperoleh pendidikan yang bermutu. Selanjutnya pada 34 juga dijelaskan wajib belajar merupakan tanggung jawab negara yang diselenggarakan oleh lembaga pendidikan pemerintah, pemerintah daerah, dan masyarakat.

Ironisnya apabila kita melihat realita di lapangan program wajib belajar sembilan tahun masih belum mencapai hasil yang maksimal. Dengan terbangkalainya program wajib belajar sembilan tahun mengakibatkan anak-anak Indonesia masih banyak yang putus sekolah sebelum mereka menyelesaikan wajib belajar sembilan tahun. Dengan kondisi tersebut, bila tidak ada perubahan kebijakan yang signifikan, sulit bagi bangsa ini keluar dari masalah-masalah pendidikan yang ada, apalagi bertahan pada kompetensi di era global

Hal ini masih menjadi problematika serta merupakan tanggung jawab negara untuk mencari benang merahnya. Oleh karena itu, masih banyak ditemukan anak usia sekolah (usia 6-18 tahun) yang seharusnya berada di sekolah mengikuti proses pembelajaran dalam rangka menambah ilmu pengetahuan, tapi mereka harus di jalanan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Atas rasa keprihatinan & kepedulian sesama pendidikan anak pinggiran Surabaya , maka dibentuknya pengajar keren ini diharapkan kedepan bisa turut andil membantu mendorong terciptanya suasana pendidikan yang edukatif bermain belajar dan transparan , pengajaran terbagi di dua lokasi tempat yang berbeda pertama di wilayah stren kali Jembatan Merah dan tempat kedua berada di Makam Rangkah

Foto Kegiatan Mengajar JMP

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: